Perubahan Singnifikan Game Mobile Dari Masa Ke Masa

April 20, 2018
Tahukah kamu siapa yang pertama kali menyematkan fitur game pada handphone?
Tahukan kamu game apa itu?

Sejarah Singkat Mobile Game

Berdasarkan informasi dari wikipedia game yang pertama kali ada pada handphone adalah game tetris pada Hagenuk MT-2000 tahun 1994. Pada tahun 1997 Nokia meluncurkan game snake pertama kali dan diinstall sebagai game bawaan di hampir semua handphone keluaran Nokia pada saat itu yang menjadikan Snake sebagai salah satu game yang paling banyak dimainkan dan dapat ditemukan di lebih dari 350 juta perangkat Nokia diseluruh dunia.

Varian game Snake pada Nokia 6110 memanfaatkan sensor Inframerah untuk main bersama menjadikan game tersebut sebagai game handphone pertama yang dimainkan oleh dua orang.

Rahmat Siswanto - Nokia 6110
Game Snake Pada Nokia 6110

Mobile game pada saat itu begitu digandrungi untuk mengisi waktu luang, belum banyaknya mobile game pada saat itu membuat game-game seperti snake dan tetris seperti tidak termakan waktu.


Kelahiran Symbian OS

Nokia pada tahun 2002 meluncurkan mobile operating system bernama Symbian OS yang akhirnya membawa Symbian menjadi sistem operasi mobile paling banyak digunakan pada masa itu. UIQ yang digunakan oleh Sony Ericsson dan Motorola adalah user interface yang berbasis Symbian OS. Meski begitu aplikasi setiap interface tersebut tidak sama dan tidak compatible satu sama lain meskipun masing-masing dibagun diatas Symbian OS.

Perangkat Symbian juga dapat diprogram menggunakan Widget Python, Java ME, Flash Lite, Ruby, .NET, Web Runtime (WRT), dan Standar C / C ++ yang menjadi awal dari kelahiran game-game indie. Playstation pada waktu itu masih menjadi primadona namu tren mobile game sudah mulai menunjukkan angka yang positif. 

Ada banyak game yang dapat dimainkan namun tidak semua gratis harganya berkisar 3.000 rupiah s/d 50.000 rupiah. Pada waktu itu belum ada yang namanya mobile ads, atau in-app purchase menyebabkan para pengembang hanya dapat meraup untuk dari penjualan game semata.


Kelahiran iOS dan Android OS

Apple pada tahun 2007 meluncurkan mobile device mereka bernama iPhone yang menggunakan system operasi iPhone OS (sekarang menjadi iOS) yang disebut-sebut sebagai cikal bakal smartphone dengan layar besar tanpa keyboard fisik. Tahun 2008 Google mengumumkan peluncuran Android OS dengan kerjasama beberapa vendor mobile phone seperti HTC, Sony Ericsson, Samsung dll.
Rahmat Siswanto - ios vs android

Namun bisa dikatakan bahnya Android yang membawa perubahan yang sangat signifikan dalam dunia mobile game hal itu karna OS tersebut open source dan begitu banyak dokumentasi untuk membuat aplikasi/game android mulai dari menggunakan natif languange (java / c++) sampai ke HTML5. 

Pada tahun 2010 Google berhasil mengakusisi AdMob sebuah startup mobile advertising yang didirikan oleh Omar Hamoui. Akusisi ini menjadi hal yang luar biasa untuk Google yang telah memiliki ekosistem Android yang besar dan solid.

AdMob membawa perubahan mengenai bagaimana developer meraih keuntungan meskipun dengan menawarkan game secara gratis. Hal ini menyebabkan menjamurkan game developer indie.


Dampak Jaringan 4G

Kecepatan internet juga menjadi salah satu faktor begitu ramainya mobile game karena bukan hanya bermain sendiri tetapi pemain dari seluruh dunia dapat terhubung dimanapun dan kapanmun secara realtime. Hal ini dapat dilihat pada app store dan play store, begitu banyak game RPG, FPS & MOBA online saat ini.

Rahmat Siswanto - Mobile Legend
Mobile Legend

Life Cycle Yang Singkat

Pernahkah anda merasa cepat bosan dalam bermain game? Begitu banyaknya game pada play store dan app store membuat kita memiliki banyak pilihan dan mencoba game-game yang menarik satu per satu. Ketika ada sebuah game yang naik daun maka sebagian besar orang akan mencoba namun tidak butuh waktu lama untuk pengguna tersebut merasa bosan dan akhirnya mencari game yang lain. Ya, seperti itulah waktu hidup mobile game zaman sekarang, sangat singkat jika dibandingkan dengan game-game legendaris seperti Snake atau Tetris.

Salah satu contohnya adalah Pokemon Go yang dirilis pada bulan July 2016 mendapatkan respon yang begitu luar bisa dari seluruh penjuru dunia bahkan menjadi sebuah fenomena, mungkin anda juga salah satu pemainnya. Namun masih adakah game tersebut di smartphone anda? Atau masih adakah teman anda yang memainkannya?

Rahmat Siswanto - Pokemon Go
Pokemon Go

Saran Untuk Mobile Game Developer

Game yang "keren" bukan semata-mata game yang memiliki grafis tinggi (jangan terpaku dengan hal tersebut) namun game yang berhasil membuat penggunanya merasa terhibur karena game pada dasarnya memang dikhususkan sebagai media hiburan. Di zaman sekarang ini dimana game memiliki umur yang singkat kamu dapat mencoba mencari ide yang sederhana dan unik untuk membuat game dimana waktu pengerjaannya singkat tetapi kamu masih bisa mendapatkan keuntungan didalamnya seperti game sederhana Flappy Bird yang sempat booming waktu itu.
Rahmat Siswanto - Flappy Bird
Flappy Bird
Atau kamu dapat mencoba membeli template game untuk diubah sehingga dapat mengurangi waktu developing dan mempercepat waktu publishing.

No comments:

Powered by Blogger.