Alasan mengapa kamu harus belajar Python Sekarang!

Pernahkah kamu menggunakan Python? Si ulat kecil berwarna biru dan kuning (tidak sesuai namanya hahaha) Yakin tidak ingin mencoba Python?


Saya adalah web developer dan server side programing untuk web developer pertama saya adalah PHP. Ya, sepertinya jika anda bertanya bahasa apa yang harus saya mulai untuk belajar membuat aplikasi berbasis web mayoritas orang akan menjawab "Belajar bahasa pemrograman PHP"

Dan semua berubah saat "negara api" menyerang. Ya, sejak saya belajar Python yang pada awalnya hanya untuk belajar mengenai machine learning saya pun berubah pikiran. Jika ada yang bertanya kepada saya bahasa pemrograman apa yang harus saya pelajari untuk belajar bahasa pemrograman saya akan menjawab "Belajarlah bahasa pemrograman Python"

"Tapi bukankah Python itu khusus machine learning?"
"Apakah saya bisa membuat aplikasi berbasis desktop?"
"Apakah saya bisa membuat aplikasi berbasis web?"

Tentu saja sangat bisa. Python tidak hanya untuk machine learning saja, lebih dari itu Python memiliki banyak sekali kelebihan.

Berikut ini tujuh (7) alasan mengapa kamu harus belajar Python Sekarang


1. Python Mudah Dipelajari

Kesalahan umum yang sering dialami oleh seseorang yang baru belajar bahasa pemrograman adalah "lupa" menutup baris dengan semicolon atau tanda titik koma (;). Jika kamu salah satunya maka beruntunglah karna Python tidak memerlukan semicolon kamu dapat secara bebas mengetik baris per baris tanpa perlu hawatir lupa menutupnya dengan semicolon.

Contoh kode program:

print("Classic Hello Word")

x = 1
if x == 1:
    # indented four spaces
    print("x is 1.")


2. Python Digunakan Sebagai Web Development

Saya percaya sebagian besar dari kita yang belajar sebagai web developer pada awalnya menggunakan PHP. Saya tidak bernah berfikir untuk berpindah haluan menggunakan bahasa pemrograman lain untuk mendevelop website sampai saat saya "dipersatukan" dengan Python.

Perusahaan kecil singga besar ramai-ramai berpindah haluan ke Python beberapa tahun terakhir, alasannya? Python didesain untuk kemudahan dalam mengetik dan membaca program. Selain itu, Python dianggap sebagai bahasa yang universal dan digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengembangan yang menawarkan banyak opsi bagi para programmer secara umum. 

Bagi mereka yang mulai bekerja dengan Python untuk satu pekerjaan atau karier, mereka dapat dengan mudah beralih ke yang lain, bahkan jika itu dalam industri tersebut yang tidak terkait. Bahasa ini digunakan untuk operasi sistem, pengembangan web, server dan alat administrasi, penyebaran, pemodelan ilmiah, dan banyak lagi.

Namun, yang mengejutkan adalah banyak pengembang tidak mengambil Python sebagai bahasa utama mereka. Karena sangat mudah digunakan dan dipelajari, mereka memilihnya sebagai bahasa kedua atau ketiga.



Yang tidak kalah menariknya lagi bahwa salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia - Google - menggunakan bahasa ini untuk sejumlah aplikasi mereka. Mereka bahkan memiliki portal pengembang yang dikhususkan untuk Python, dengan kelas gratis yang ditawarkan termasuk latihan, video pelatihan dan banyak lagi. Dropbox, Pinterest, Instagram, Reddit, BitTorrent, Civilization IV juga menggunakan Python.

Framework yang mendukung Python sangat banyak namun saya merekomendasikan framework Django dan Flask karena kedua framework tersebut yang paling populer digunakan saat ini.


3. Python Memiliki Dukungan Dari Perusahaan Besar

C # memiliki Microsoft, Sun memiliki Java dan PHP digunakan oleh Facebook. Google mengadopsi Python kembali pada tahun 2006, dan mereka telah menggunakannya untuk banyak platform dan aplikasi sejak saat itu.

Mengapa hal ini begitu penting? Bayangkan jika perusahaan seperti Google ingin bekerja dengan sistem dan aplikasi mereka, mereka perlu menyediakan sumber daya akhirnya dibuatlah banyak panduan dan tutorial untuk bekerja menggunakan Python. Dengan sumbangan dokumentasi dan support tools yang terus bertambah dari para perusahaan besar ini menyebabkan Python lebih mudah diterima dan digunakan oleh para pengembang.


4. Python Cepat, Handal dan Efisien

Jika adan bertanya kepada pengembang Python atau siapa pun yang pernah menggunakan Python, mereka akan setuju bahwa Python cepat, andal, dan efisien. Anda dapat bekerja dengan dan menerapkan aplikasi Python di hampir semua bidang, dan tidak peduli platform apa yang anda gunakan tidak akan ada performa yang berkurang bahwa bisa jadi performa aplikasi yang anda bangun menjadi lebih baik.


5. Python Memiliki Library Yang Melimpah

Ketika Anda mengerjakan proyek yang lebih besar, library benar-benar dapat membantu Anda menghemat waktu dan mengurangi siklus pengembangan. Python memiliki pilihan library yang sangat baik, mulai dari NumPy dan SciPy untuk komputasi ilmiah hingga Django dan Flask untuk pengembangan web.

Bahkan ada beberapa library dengan fokus yang lebih spesifik, seperti scikit-learn untuk aplikasi machine learning dan nltk untuk natural language processing.


6. Developer Python Bergaji Tinggi

Developer PHP sekarang ini semakin melemah dari sisi gaji atau pemasukan sebagai pengembang, lain halnya dengan Python yang semakin menguat setiap harinya.

Data didapat dari codementor.io

Berdasarkan data diatas, Ruby, Python, C++ dan iOS (swift) akan membuat Anda mendapatkan uang paling banyak dengan PHP berada diposisi bawah.

Data diambil dari payscale.com

Data diatas diambil tanggal 27 Maret 2018 dari situs payscale.com terlihat bahwa Python menguat 1% dan menjadi yang tertinggi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Sebagai sistem operasi yang handal Linux juga termasuk sebagai skill yang harus kamu kuasai mengingat sebagian besar server menggunakan Linux.


7. Python Adalah Masa Depan Machine Learning

Selama bertahun-tahun lamanya akademisi dan peneliti menggunakan MATLAB sebagai bahasa untuk penelitian ilmiah. Semua mulai berubah dengan Python merilis numerical computation engines (mesin komputasi numerik) seperti NumPy dan SciPy yang memungkinkan perhitungan yang rumit untuk dilakukan oleh satu "import" statement yang diikuti oleh function call.

Perlahan tapi pasti, Python mulai mengambil alih sebagai bahasa yang disukai terutama bagi kalangan akademisi Computer Science.

Python adalah masa depan Artificial Intelligence (AI)

Mengingat fleksibilitas bahasa, kecepatannya, dan fungsi machine learning yang ditawarkan oleh library seperti scikit-learn, Keras, dan TensorFlow, kami melihat saat ini Python dunia machine learning dan actificial intelligence (AI)


Tidak ada keraguan untuk belajar Python. Bagaimana? Sudah tertarik belajar Python sekarang?

1 comment:

Powered by Blogger.